Senin, 03 Juni 2013

Musang

        Hewan peliharaan unik yang satu ini adalah Musang. Akhir-akhir ini musang memang sedang booming di kalangan para pecinta hewan. Banyak berdiri Komunitas Pecinta Musang di kota-kota besar.
Apa sih keren nya memelihara musang? Pengen tau?
1. Musang bisa jadi hewan peliharaan sejinak kucing, nah kenapa nggak memelihara kucing aja?
    Udah terlalu mainstream...
2. Bisa di ajak main, digendong, dilepas dirumah, dikalungin di leher diajak jalan2, dll..
Gimana tertarik? Yuk bsimak baik-baik..

Pertama sebelum memelihara musang, harus tau jenis2nya dulu dan bagaimana dia hidup di alam liar..
berikut liputannya:

Musang Air
(Cynogale bennettii) 
Sumatera, dan Kalimantan

Musang air ( mirip berang-berang atau malah dia itu berang-berang? ) adalah spesies nokturnal yang mencari makanannya di air,makanannya yaitu ikan, kepiting, dan moluska air tawar. Musang ini juga bisa memanjat pohon,jadi dia juga suka makan burung dan buah-buahan. Karena langka dan susah ditemui, musang yang satu ini jarang ada yang melihara. ( 2013 : sekarang banyak )












Musang Rase
(Viverricula malaccensis sin. Viverricula indica)  
SumatraJawa dan Bali
 Musang rase yang menurutku musang paling cantik, dia suka makan binatang2 kecil, kayak tikusburungularbuahakar-akaran, dan bangkai hewan dan serangga. Kadang-kadang dia makan anak ayam di kampung2. Musang rase bisa hidup sampai delapan atau sembilan tahun








Musang Luwak /
Musang Pandan
(Paradoxurus hermaphroditus)

Musang luwak suka memakan aneka buah-buahan seperti pepayapisang, dll. Juga suka makan seranggamoluskacacing tanahkadal dan bermacam-macam hewan kecil lain yang bisa ditangkapnya, termasuk mamalia kecil seperti tikus. Musang luwak mengeluarkan semacam bau pandan, jadi dia juga sering disebut Musang Pandan.




Musang Bulan
(Paguma larvata leucomystax)
Musang yang satu ini pintar memanjat dan bersifat arboreal (menghabiskan hidup di pepohonan), tapi juga nggak segan2 turun ke tanah. Mirip dengan musang pandan, bedanya Cuma warna bulunya coklat, ujung ekornya putih & dia bisa tumbuh lebih besar daripada musang pandan. (harganya juga lebih mahal karena dia masih langka hehe).
 Dia suka makan buah2an, serangga, cacing tanah dan mamalia kecil. Musang bulan  betina bisa melahirkan dua kali dalam satu tahun,  dengan jumlah anak antara satu sampai empat ekor.  Waktu tumbuh hingga ukuran dewasa sampai  tiga bulan. Udah bias dikawinin setelah umur 12 bulan. Kalo bener miaranya bias bertahan sampai 22 tahun.












Binturong
(Arctictis binturong)
Binturong suka makan buah-buahan matang di hutan. Hewan ini juga suka memakan pucuk dan daun-daun tumbuhan, telur, dan hewan-hewan kecil semisal burung dan hewan pengerat. Dengan pemeliharaan yang baik, binturung dapat mencapai usia 20 tahun dalam tangkaran. Tapi ati2, karena populasinya saat ini sudah bisa dibilang langka, sekarang Binturong dilindungi pemerintah..






Musang Akar
(Arctogalidia Trivirgata)

Hampir sama kayak musang pandan / bulan,
tapi badannya lebih kecil & panjang.
















Biul
( Javan Ferret Badger )

Ini jenis yang paling lucu, tapi sayangnya
dia punya kelenjar yang mengeluarkan bau menyengat kalo dia ngerasa lagi dalam bahaya..
Kaya yang di film2 kartun itu yg biasanya di istilahin ( maaf ) "kentut"..








Musang Bali

Masih satu jenis sama musang pandan, tapi warna bulunya keseluruhan dari kuning emas sampai putih..




















Musang Lombok


Ini nih "panther"nya musang.. hehe
Keseluruhan warna  bulunya hitam..















Garangan
(Herpestes javanicus)
Sebenarnya Garangan tidak termasuk dalam kategori musang, tetapi orang-orang sering bilang kalo hewan seperti gambar disamping itu musang. Garangan makanan utamanya adalah tikus, namun garangan tidak keberatan memangsa apa pun hewan kecil yang ditemuinya seperti  burung,  reptil,  kodok,  yuyu,  serangga, dan bahkan kalajengking. Konon katanya garangan suka menjilati dan mengisap-isap darah mangsanya yang keluar dari luka, dan karena itu hewan ini dapat membunuh banyak ayam bila masuk ke kandang ayam milik penduduk di kampung. Garangan terkenal suka bertarung melawan ular lalu memakannya.






Udah tau macam-macamnya kan? Sekarang tips menjinakkan & memeliharanya..

Untuk tips / cara menjinakkan musang:
1. Adopsilah musang sewaktu masih baby. Musang dewasa biasanya susah dijinakkan.
2. Untuk awal-awal, kasih makan dengan pola puasa. Kasih makan pagi, sama sore, langsung diloloh pake tangan, setiap hari, jangan kasih makan di kandang. Biar ada rasa ketergantungan sama kita. Kalo mau ngasih makan daging direbus dulu, kalo sering dikasih daging mentah naluri liarnya bisa kumat haha. (serius) Kalo masih baby kasih bubur bayi aja/susu. Kalo udah gedhe kasih buah/daging/dog food.
3. Taruh di tempat yang sering ada orang disitu, biar dia terbiasa sama manusia
4. Sering diajak berinteraksi, dari sekedar dipandang, diajak ngomong ( kedengarannya gila, tapi hewan jika sering diajak berkomunikasi lama2 dia akan mengerti kita ), digendong, diajak nonton TV, diajak jalan jalan dll.. (kalo udah dibiasain digendong dari kecil dia lama-lama ngerti kok, waktu digendong dia g akan  PUP..
5. Jaga kebersihan kandang. kalo bisa tiap hari bersihin. Terus pilih kandang yang bahannya besi, jangan kayu, bisa digigit rusak.. Jangan yang dari kawat, bisa melukai musang.
6. Mandikan minimal dua minggu sekali, pake shampoo hewan. Abis dimandiin langsung dihandukin biar kering, kalo punya hairdryer langsung aja dipake biar nggak lama2 kedinginan.

Untuk yang JUAL MUSANG PANDAN / RASE daerah  JOGJA / JOGJAKARTA / YOGYAKARTA :
bisa temen2 cari di PASTY dengan harga mulai 300rb ... Kalo enggak pesen dari Solo..
     Mmm, mungkin segitu dulu tipsnya, semoga bermanfaat buat para pecinta musang. Tapi jangan coba-coba ngadopsi musang kalo nggak bener-bener pengen ngrawat, kasian. Ingat, hewan peliharaan itu buat disayangi, buat temen kita supaya nggak kesepian, bukan untuk coba-coba. Salam..
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar